DPD LDII

Ormas Expo

28 Maret 2019

LDII Juarai Ormas Expo

Pada hari Kamis -- Minggu, 15 – 18 Maret 2018, LDII Kota Semarang mengikuti Ormas Expo yag diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang. Di  DP Mall Jalan Pemuda Semarang.  Maksud dan tujuan partisipasi LDII dalam kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas dan peran serta organisasi LDII Kota Semarang dalam rangka mewujudkan Kota Semarang dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang religius, santun, toleran, beradab, dan menghormati kebinekaan dalam naungan NKRI.   Disamping itu juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peran organisasi LDII sebagai organisasi keormasan yang sejajar dengan organisasi kemasyarakatan lain yang legal, sah, bermartabat, dan berkontribusi  di bawah naungan negara Republik Indoinesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45.

Partisipasi LDII dalam kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya isu radikalisme dan perpecahan nasional merebak di mana-mana. Hal itu tentu mengancam kedaulatan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Fanatisme agama dan keyakinan yang kaku dan eksklusif yang mengganggu kebinekaan dan toleransi muncul di mana-mana. Sekelompok masyarakat di negara kita meyakini betul kebenaran keyakinannya dengan menafikan kebenaran orang lain. Hal itu sangat mengganggu kerukunan beragama, berbangsa, dan anatarumat beragama.

Untuk menangkal dan mengikis paham radikal dan fanatisme dangkal Pemerintah Kota Semarang mengadakan kegiatan Ormas Expo. Kegiatan ini bertujuan mewujudkan organisasi kemasyarakatan di Kota Semarang menjadi organisasi yang solid dan toleran dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sasaran yang hendak tercapai adalah tercapainya suasana kota yang sejuk, kondusif, dan harmonis bagi semua warga, golongan, kelompok yang hidup di kota ini dan di Indonesia pada umumnya.

Untuk mendukung program Pemerintah Kota Semarang tersebut, DPD LDII Kota Semarang mengikuti kegiatan Ormas Expo 2018. Hal itu sesuai dengan visi dan misi organisasi, yaitu menjadi organisasi dakwah Islam profesional yang mampu mewujudkan manusia Indonesia yang tekun beribadah kepada Alloh SWT, berakhlakul karimah, memakmurkan bumi, dan membangun masyarakat madani yang kompetitif berbasis tabiat jujur, amanah, kerja keras dan hemat, rukun, kompak, dan kerja sama yang baik. Misi yang diemban organisasi adalah memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa dan negara melalui dakwah, pengkajian, pemahaman dan penerapan ajaran Islam yang dilakukan secara menyeluruh, berkesinambungan, dan terintegrasi sesuai dengan peran, posisi, tanggung jawab profesi sebagai komponen bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, DPD LDII Kota Semarang berhasil mengikuti kegiatan Ormas Expo dengan baik dan lancar dan menjadi Juara II dalam Ormas Expo 2018.

(SH2019)