Diklat Kepemimpinan

21 Maret 2019

DIKLAT KEPEMIMPINAN  2018

Organisasi yang baik dan profesional membutuhkan pengurus yang profesional dan mempunyai kompetensi untuk mengelola organisasi dengan baik. Kebesaran organisasi ini tergantung pada kemampuan pengurus organisasi untuk mengelola oragnisasi dengan baik. Organisasi ini akan dipandang dengan penuh hormat oleh masyarakat apabila para pengurus dapat menggerakkan organisasi dengan bermacam-macam kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan pengurus organisasi yang mumpuni, bertanggung jawab, dan kompeten terhadap amanat yang disandangnya.

Sehubungan dengan itu, untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kompetensi Pengurus organisasi LDII di tingkat DPD Kota, PC, dan PAC, maka Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pengurus Organisasi di tingkat DPD Kota, PC, dan PAC Se-Kota Semarang. Dengan kegiatan ini diharapkan pengurus organisasi di semua tingkatan dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan profesional sehingga kontribusi LDII terhadap masyarakat akan lebih baik lagi.

Kegiatan diklat ini diberi tajuk Diklat Kepemimpinan Pengurus Organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Semarang, yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 Mei 2018 di Hotel Ibis Jl. Gajahmada, Semarang. Kegiatan ini mengusung tema Bergerak Bersama Membangun Semarang Hebat untuk mendukung program Pemerintah Kota Semarang membangun Kota Semarang yang hebat, maju, beradab, dan bermartabat.

Maksud pelaksanaan kegiatan diklat ini adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan organisasi LDII Kota Semarang di bidang adminsitrasi, pendidikan, dakwah, pelatihan, bagi anggota LDII agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal untuk kemajuan bangsa dan negara. Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kompetensi pengurus organisasi di bidang administrasi, manajerial, kepemimpinan, dan undang-undang keormasan sehingga dapat mengelola organisasi dengan baik dalam rangka memberikan kontribusi kepada masyarakat secara maksimal. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kinerja dan prestasi organisasi LDII sehingga dapat mewujudkan perannya sebagai alat perjuangan dakwah dan pendidikan, dengan maksimal serta meningkatkan peran dan kontribusi organisasi LDII sebagai organisasi keormasan yang sejajar dengan organisasi kemasyarakatan lain yang legal, bermartabat, dan berkontribusi  di bawah naungan negara Republik Indoinesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45.

Guna menunjang tercapainya maksud dan tujuan pelaksanaan diklat, maka di dalam kegiatan tersebut disampaikan beberapa materi yang disampaikan oleh narasiumber yang berkompeten. Adapun materinya adalah (1) Kebijakan Pemerintah Kota Semarang, (2) Manajemen Organisasi Masyarakat yang Profesional, (3) Implementasi Undang-Undang Organisasi Masyarakat, (4) Mencetak Pemimpin Ormas di Era Global, dan (5) Manajemen Administrasi Organisasi. Keempat materi tersebut disampaikan oleh Walikota Semarang, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, Drs. Joko Hartono, MM, Prof. DR. H. Singgih Tri Sulistiyono, dan Drs. Amat Sobirin.

Kegiatan ini diikuti oleh 143 peserta dari unsur Dewan Penasihat DPD LDII Kota Semarang, Pengurus Harian DPD, Ketua dan Sekretaris PC, dan Ketua PAC LDII se-Kota Semarang. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh  unsur forkompimda dan segenap tamu undangan dari berbagai ormas di Kota Semarang.

(SH2019)