Go Green

22 Maret 2019

Go Green

Pada hari Minggu, 18 November 2018, sebanyak kurang lebih 1.200 warga LDII bersama anggota TNI dan Pramuka melaksanakan gerakan penghijauan di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Dengan tema "LDII bersama TNI Peduli Negeri" dalam kegiatan ini ditanam sekitar 1.000 batang bibit pohon di lahan kritis di wilayah tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Menjaga kelestarian lingkungan hidup
  2. Menghijaukan lahan kritis di wilayah yang rawan longsor
  3. Mendukung program pemerintah dengan menanam sejuta pohon
  4. Menjalin hubungan yang harmonis antara LDII dan aparat TNI

Perlu disadari bahwa lingkungan Hidup merupakan karunia dan rahmat Allah yang wajib dilestarikan dan dikembangkan kemampuannya agar dapat tetap menjadi sumber kehidupan rakyat dan makhluk hidup lainnya. Antara manusia, masyarakat, dan lingkungan hidup terdapat hubungan timbal balik, yang harus selalu dibina dan dikembangkan agar tetap dalam keselarasan, keserasian, dan keseimbangan yang dinamis.

Ancaman terhadap lingkungan hidup berarti juga ancaman terhadap kesehatan, kelestarian, dan kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain. Untuk itu, perlu dilakukan sebuah gerakan nyata untuk meminimalkan timbulnya kerusakan lingkungan dengan melakukan rehabilitasi lingkungan hidup di lahan-lahan kritis. Reboisasi merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut.

DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Semarang sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan tergerak untuk melestarikan lingkungan hidup dalam bentuk penanaman 10.000 pohon yang dilaksanakan secara bertahap. Tahun 2017 merupakan tahun kedua dengan menanam 1.000 pohon di lahan kritis di wilayah Kota Semarang. Diharapkan, gerakan ini memberikan andil untuk mengurangi pemanasan global serta mencegah bencana alam yang disebabkan oleh eksploitasi hutan.

(SH2019)