DPD LDII

Pelantikan Sakocab

19 Maret 2019

Pelantikan Sakocab SPN Kota Semarang

Satuan Komunitas Pramuka yang  disingkat Sako adalah satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan, yang berbasis  profesi, aspirasi, dan agama. Sebagai organisasi pendukung Gerakan Pramuka, sako merupakan himpunan dari gugusdepan  berbasis komunitas dan berbasis satuan pendidikan yang mempunyai kesamaan profesi, aspirasi, dan agama. Gugusdepan yang mempunyai kesamaan profesi adalah gugus depan yang dibentuk oleh kelompok yang berlatar belakang profesi tertentu. Gugusdepan yang mempunyai kesamaan aspirasi adalah gugus depan yang dibentuk oleh kelompok yang mempunyai aspiras tertentu. Gugusdepan yang mempunyai kesamaan agama adalah gugus depan yang dibentuk oleh kelompok yang mempunyai agama tertentu.

LDII sebagai salah satu organisasi keagamaan yang peduli terhadap kegiatan  dakwah dan pendidikan mempunyai kepentingan untuk mendukung upaya pemerintah dalam rangka  memberikan pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kepada generasi muda. Sehubungan dengan itu, DPD LDII Kota Semarang telah berhasil membentuk Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Tingkat Cabang atau Sakocab Kota Semarang. Pelantikan pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) Sakocab dan Pengurus Sako SPN Kota Semarang telah dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 28 Februari 2019, di Gedung Al Baokah Kompleks Masjid Al Wali Tembalang Semarang oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Semarang, Kak Drs, Adi Tri Hananto. Sebagai Ketua Mabi Sako adalah Kak H. Suhindoyo P, S.E, M.M. dan Ketua Sakocab SPN Kota Semarang adalah Kak Kasirin, S.Pd

Pelantikan dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan prosesi Pelantikan, dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Kakwarcab yang menyampaikan rasa terima kasih beliau atas partisipasi warga LDII Kota Semarang untuk mendukung upaya pemerintah dalam memberikan sarana pendidikan kepada generasi penerus bangsa melalui gerakan kepramukaan. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Mabi Sakocab. Dalam sambutannya beliau menyampaikan "LDII sebagai salah satu organisasi keagamaan yang peduli terhadap kegiatan  dakwah dan pendidikan mempunyai kepentingan untuk mendukung upaya pemerintah dalam rangka  memberikan pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kepada generasi muda. LDII yang dikenal sebagai organisasi yang concern terhadap pendidikan dan pembangunan manusia seutuhnya melalui berbagai kegiatan yang menyentuh berbagai lapisan masyarakat, mulai cabe rawit sampai usia lanjut dengan berbagai kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial, kepemudaan, dan keolahragaan tentu sangat mendukung upaya pemerintah dalam memberikan ruang kepada organisasi ke-Pramuka-an untuk memberikan wadah bagi perkembangan fisik, mental, dan moral generasi muda melalui berbagai kegiatan ke-Pramuka-an.